Bermain Baduk untuk Meningkatkan Konsentrasi

Permainan Baduk

Menurut Wikipedia, baduk adalah permainan papan strategis antar dua pemain. Permainan ini berasal dari Tiongkok sekitar 2000 SM. Permainan ini sekarang sudah mulai popular di Asia Timur.

Di Indonesia, baduk sering juga disebut Go atau Igo. Go adalah nama inggrisnya yang berasal dari pelafalan bahasa Jepang 碁 (go). Dalam bahasa Tionghoa disebut 弈 (), dan dalam bahasa Korea disebut 바둑 (baduk).

Meskipun kalah populer dibandingkan catur, tingkat kerumitan baduk jauh di atas catur dan permainan papan lainnya. Kamu bisa mempelajari baduk dalam hitungan jam saja, namun untuk menguasai strateginya butuh seumur hidup.

Karena baduk membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dikuasai, di Korea baduk sudah menjadi kebiasaan atau hobi di kalangan segala usia, dan mulai dimasukkan ke pelajaran wajib anak TK. Di Jepang, ada 10 juta pemain aktif dengan ratusan pemain profesional.

Tak tanggung-tanggung, penghasilan pemain profesional juga lumayan besar lho, dalam setahun bisa membeli 1-2 Ferrari. Maka dari itu, banyak orang yang memainkan baduk sebagai hobi sekaligus mata pencaharian.

Bukan hanya penghasilan yang besar, permainan ini banyak sekali manfaatnya, contohnya melatih keseimbangan otak kanan–otak kiri, melatih kreativitas, kesabaran, intuisi, problem solving, dan lainnya.

Ilmuan dari Tiongkok mengatakan bahwa permainan baduk dapat membantu perkembangan intelektual pada anak. Selain itu, baduk ternyata dapat meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki prilaku, mengontrol emosi, fungsi kognitif, dan aktivitas otak pada anak yang memiliki gangguan ADHD.

Wah, ternyata baduk bukan hanya dapat meningkatkan konsentrasi saja ya. Nah, bagaimana menurutmu? Apa kamu ingin mempelajarinya?