5 Fakta Menarik tentang PKN STAN

Halo Kawan Hero!

Buat kamu yang saat ini duduk di bangku SMA khususnya kelas 12 yang masih bingung ingin melanjutkan studi kemana dengan jurusan apa, yuk baca artikel mengenai fakta-fakta menarik tentang PKN STAN yang telah Homework Hero rangkum untuk kamu 🙂.

Kampus PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementerian Keuangan. Nama PKN STAN sendiri mulai diresmikan tanggal 23 Juli 2015 kemarin lalu, dari yang sebelumnya namanya STAN saja. Dengan transformasi kelembagaan ini, memungkinkan PKN STAN nanti menyelenggarakan program pendidikan magister terapan atau doktor terapan.

Saat ini, pendidikan di STAN secara umum terdiri dari program pendidikan Diploma I, Diploma III dan Diploma IV. Namun program diploma IV bukan untuk alumni SMA/sederajat, tapi hanya khusus untuk alumni diploma III STAN.

Untuk program D-III pendidikan dilaksanakan selama 6 semester atau kurang lebih selama 3 tahun di Bintaro, Tangeran Selatan (non-Bea Cukai) dan di Rawamangun, Jakarta Timur (Bea Cukai). Sedangkan program D-I pendidikan dilaksanakan selama 2 semester atau kurang lebih 1 tahun di berbagai Balai Diklat Keuangan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Seebelum terlalu jauh membahasa tentang PKN STAN, ini dia 5 fakta menarik tentang sekolah kedinasan tersebut.

1. Pendidikan Gratis dan Kesempatan Ikatan Dinas

Buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah namun terpatok biaya, PKN STAN merupakan tujuan yang tepat. Karena PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang dibiayai oleh negara, sehingga biaya pendidikan gratis. Selain itu, kamu juga bisa dapat uang saku per tahunnya loh Kawan Hero, bahkan setelah lulus pun kamu berkesempatan menjadi ikatan dinas dan menjadi CPNS.

2. Memiliki Jurusan yang Tidak Dimiliki Kampus Lain

Selain gratis, PKN STAN juga memiliki prodi (program studi) yang tidak dimiliki oleh kampus lain lho! Program studi tersebut yaitu Kepabean dan Cukai, Kebendaharaan Negara, Manajemen Aset, dan PBB/Penilai. Coba deh cari prodi tersebut di kampus lain selain PKN STAN, dijamin tidak ada.

3. Sekolah Tinggi Kedinasan Paling Diminati

Gratis? Dapat tunjangan? Yakin menolak untuk masuk PKN STAN?

Setiap tahun, tentu saja peminat PKN STAN ini terus meningkat. Pada tahun 2016 lalu, peminat PKN STAN berjumlah 103.500 peserta dan bersaing memperebutkan kursi yang hanya berjumlah 3000-an. Dari hal tersebut bisa disimpulkan bahwa asuk STAN ini merupakan persaingan yang sangat ketat.

4. Prospek Kerja yang Luas

Para lulusan STAN akan ditempatkan di bagian bawahan Kementrian Keuangan, BPK, dan masih banyak lainnya sesuai prodi jurusan masing-masing. Selain itu, para lulusan STAN juga banyak dicari kok oleh perusahaan-perusahaan lokal maupun asing. Meskipun begitu, hampir 99% lulusan STAN setelah lulus adalah mengabdi untuk negara.

5. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Para lulusan STAN tentunya adalah orang-orang yang diharapkan menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara. Selain itu menciptakan orang-orang birokrat yang bersih dan anti korupsi tentunya!

Jadi, berminat untuk masuk STAN?