Memaksimalkan Belajar dengan Pomodoro

Teknik Pomodoro

Belajar memang suatu kewajiban semua orang. Namun jika tidak memiliki strategi dalam belajar, ilmu yang Anda pelajari akan hilang sia-sia begitu saja. Ubahlah pola strategi belajar Anda senyaman mungkin agar ilmu yang Anda dapatkan bisa terus diingat. Untuk saat ini Saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Cara Memaksimalkan Belajar dengan Pomodoro.

Pada akhir tahun 1980, Belajar dengan Pomodoro yaitu teknik belajar berdasarkan time management ini diciptakan oleh Francesco Cirillo seorang mahasiswa yang saat itu sangat susah sekali fokus pada belajarnya, kemudian seiring berjalannya waktu dia menyadari bahwa dia memang harus mengubah cara belajarnya pada waktu tertentu dan diselingi oleh istirahat sejenak agar kondisi fisik dan psikisnya lebih membaik, kemudian dia menemukan cara belajar dengan pomodoro untuk diterapkan dalam belajarnya.

Kata Pomodoro sendiri berasal dari bahasa Italia, yang memiliki arti tomat. Dinamai tomat karena pada saat itu Francesco menggunakan _timer _yang kebetulan berbentuk tomat.

Pada Teknik Belajar dengan Pomodoro ini, Anda diharuskan menggunakan waktu selama 25 menit untuk belajar dan berkonsentrasi, setelah 25 menit berakhir ada baiknya ada mempergunakan waktu 5 menit untuk beristirahat sejenak kemudian lanjutkan kembali Belajar dengan Pomodoro.

Tahapan Melakukan Belajar dengan Pomodoro

Tahap 1: Langkah awal Belajar dengan Pomodoro ini, Anda harus siapkan tugas-tugas yang akan anda kerjakan, usahakan Anda memperioritaskan tugas yang Deadline-nya sebentar lagi.

Tahap 2: Sebelum melakukan Belajar dengan Pomodoro, Set timer 25 menit terdahulu menggunakan handphone atau yang lainnya. Namun alangkah lebih baiknya Anda menggunakan waktu yang berbunyi “klik-klik-klik”, karena dengan mendengar suara detik jam yang begitu keras Anda akan terasa semangat sebab Anda merasa diburu oleh pekerjaan yang akan diselesaikan.

Tahap 3: Setelah 25 menit Belajar dengan Pomodoro ini berakhir , lalu Anda diharuskan beristirahat sejenak selama 5 menit, pada waktu itu Anda bisa menonton tv, membuat kopi atau ke toilet dan lain-lain. Namun diusahakan anda tidak bermain handphone karena pasti Anda lupa akan waktu yang telah ditetapkan.

Tahap 4: Setelah jeda istirahat, lakukan Belajar dengan Pomodoro ini lagi dan blok selama 25 menit untuk melakukan tugas Anda. Setelah Belajar dengan Pomodoro selama 4 kali blok Anda bisa istirahat selama 20 – 30 menit.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Staffen Noyeberg seorang lulusan dari Royal Institute of Technology di Stockholm yang mengajarkan tentang Belajar dengan Pomodoro ini setiap 25 menit sekali kita diharuskan beristirahat agar tidak bosan, dan waktu istirahat yang sebentar agar tidak kebablasan bersantai – santai.

Bagaimana menurutmu mengenai belajar dengan Pomodoro? Apakah kamu tertarik menerapkannya?