Fenomena Déjà Vu

Fenomena Deja Vu

Hampir semua orang pernah merasakan déjà vu. Dan memang, fenomena déjà vu tidak terdengar asing lagi di telinga. Untuk yang belum familiar, disini aku akan memberikan sedikit informasi mengenai fenomena ini.

Déjà vu berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti “pernah melihat”. Déjà vu merupakan fenomena dimana seseorang merasakan bahwa suatu peristiwa atau pengalaman yang saat ini sedang terjadi sudah pernah dialami sebelumnya di masa lalu.

Pada tahun 2004 silam, survei menyebutkan ada sekitar dua pertiga populasi yang pernah mengalami fenomena déjà vu. Studi lain juga menguatkan bahwa fenomena déjà vu merupakan pengalaman yang umum dialami oleh individu-individu yang sehat, dengan antara 31% dan 96% individu melaporkan pernah mengalaminya. Fenomena déjà vu yang terjadi berkepanjangan atau sering (merupakan hal yang tidak umum), atau berhubungan dengan gejala lain, seperti halusinasi, bisa menjadi indikator penyakit neurologis atau psikiatris.

Gangguan neurologis atau psikiatris sangat beragam bentuknya, banyak dari pasien yang menderita gangguan memori serta tidak mampu menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal, dan memiliki efek melemahkan kehidupan pasien, sehingga memberikan pengobatan pada penyakit ini sangat penting bagi kehidupan pasien.

Perlu kamu tahu bahwa ada berbagai macam jenis-jenis fenomena déjà vu:

Déjà Vécu

Pada kondisi fenomena déjà vécu kerap membuat seseorang merasa bahwa dirinya tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Ia pun kerap merasakan bahwa dirinya sangat familiar dengan kejadian yang akan terjadi tersebut hingga merasuk ke dalam memorinya.

Déjà Sénti

Yang disebut dengan fenomena Déjà Sénti adalah perasaan sedih. Contohnya ketika A berpacaran dengan B kemudian mereka putus tapi seolah-olah A merasa hal tersebut terjadi saat dimasa lalu, padahal sebelumnya belum pernah berpacaran sama sekali dengan B.

Déjà Visité

Kodisi fenomena Déjà Visité terjadi dimana seseorang merasa pernah berada di tempat yang ia datangi di masa lalu padahal sebelumnya ia sama sekali belum pernah menginjakkan kaki ke sana dan ia tahu itu.

Apakah kamu pernah mengalami déjà vu?