Benarkah Anak Kidal Lebih Pintar?

Anak Kidal

Bagi kebanyakan orang menganggap bahwa anak kidal ya seperti anak lainnya, tapi tahukah kamu bahwa anak kidal ternyata lebih pintar jika dibandingkan dengan anak yang lebih sering menggunakan tangan kanannya?

Bukan hanya lebih pintar tapi anak kidal juga mempunyai hari istimewa sedunia yang diperingati setiap tanggal 13 Agustus.

Sampai saat ini belum ada dokter ataupun ilmuan yang mejelaskan penyebab anak menjadi kidal, ada beberapa teori yang dicetuskan namun belum teruji keakuratannya secara pasti. Menurut Fabiola Priscilla Setiawan, M.Psi. seorang psikolog anak dan remaja, anak kidal pada umumnya dipengaruhi oleh factor genetic, dan terjadi akibat otak kanannya lebih dominan digunakan dibandingkan dengan otak kirinya.

Otak

Anak kidal jauh lebih kreatif jika dibandingkan dengan orang yang biasa menggunakan tangan kanan. Karena orang yang cenderung dominan menggunakan tangan kanan lebih pintar menggunakan logikanya sebab otak kiri yang digunakan, sedangkan anak kidal lebih menggunakan otak kanannya untuk bekerja, selain itu anak kidal juga mempunyai imajinasi dan daya khayal yang tinggi oleh sebab itu Anak Kidal lebih pintar menggatur hal-hal seperti seni, bahasa, music dan emosinya.

Apa kekurangan dari anak kidal?

Pada umumnya anak kidal susah sekali untuk beradaptasi karena menurut mereka itu bukan dunianya, anak kidal juga sangat sensitive dan cenderung kurang sekali percaya diri.

Jangan ubah anak kidal!

Mereka memang berbeda tapi jangan sesekali merubah kebiasaan mereka apalagi dengan cara memaksannya, karena itu akan membuat mereka tidak nyaman dan malah membuat mereka frustasi.

Fakta-fakta anak kidal

  • Menurut penelitian bahwa anak kidal hidupnya jauh lebih pendek 9 tahun dibandingkan dengan anak yang tidak kidal.
  • MENSA adalah sebuah organisasi dengan anggota yang memiliki IQ tertinggi sedunia, dan 20% dari jumlah MENSA merupakan anak kidal.
  • Menurut statistic dari sebuah survei populasi, 15% orang termasuk anak kidal, dan pria jumlahnya dua kali lebih banyak dari wanita.
  • Menurut studi oleh Alan Searleman dari St Lawrence University di New York, anak kidal mampu mendukung semua fisik-fisiknya dan anak kidal lebih cenderung terampil dan memiliki IQ yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang tidak kidal.
  • Jika kedua orangtua kidal, maka kemungkinan anak mereka kidal 50%. Namun, jika kedua orangtua tidak kidal maka presentasenya menurun menjadi 2% saja.
  • Anak kidal lebih jago bermain game karena mereka menerima rangsangan dengan baik.

Bagi kalian (anak kidal) jangan pernah merasa tersisihkan dan membedakan diri yaa, karena sesungguhnya dibalik kekurangan yang kalian miliki ada banyak sekali kelebihan kalian yang tidak dimiliki oleh orang yang tidak kidal^^

Nah, apakah kamu kidal? Bagaimana pendapatmu tentang anak kidal?