Konnichiwa! Mau kuliah di Jepang?

Konnichiwa! Mau kuliah di Jepang?

Negara yang terkenal dengan sebutan ‘Negeri Matahari Terbit’ ini terkenal dengan sumber daya manusianya yang berkualitas. Karakter sumber daya manusia di Jepang dikenal dengan kedisiplinannya, mandiri, dan kerja keras, hal inilah yang menjadikan negara Eropa sana menjadikan Jepang sebagai negara percontohan. Berbicara soal kualitas sumber daya manusia, pastinya berhubungan dengan sistem pendidikannya. Walaupun berada di kawasan Asia Timur, sistem pendidikan di Jepang masuk ke dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Beberapa universitas di Jepang pun juga masuk ke dalam daftar universitas terbaik di dunia. Hal inilah yang membuat Jepang sebagai negara maju yang patut diacungi jempol.

Tak hanya berbicara soal pendidikan, Jepang juga terkenal sangat kental dengan kebudayaannya. Banyak orang berkunjung ke Jepang tak hanya untuk melanjutkan studi, melainkan mempelajari kebudayaan di sana. Kebudayaan Jepang juga sangat populer di Indonesia, eksistensinya seakan tak pernah habis. Tak hanya animasinya, film, lagu, dan bahasa pun semakin banyak dipelajari oleh orang-orang Indonesia yang memiliki ketertarikan sendiri terhadap Jepang. Ketertarikan inilah yang banya menarik minat pelajar-pelajar diluar Jepang khususnya Indonesia untuk melanjutkan studi ke Jepang.

Namun sebelum kamu melanjutkan studi ke Jepang, Homework Hero telah merangkum beberapa tips penting yang wajib kamu baca.

1. Mencari informasi seputar studi di Jepang

Sebelum melakukan sesuatu apapun, pastinya kita harus tahu terlebih dahulu informasi mengenai hal tersebut. Nah, sebelum kamu berencana untuk melanjutkan studi ke Jepang, hal ini wajib kamu lakukan Kawan Hero! Mencari informasi seputar studi di Jepang, universitas yang ada di Jepang, pilihan jurusan yang tersedia, dokumen yang diperlukan, biaya hidup, dan sebagainya. Dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentu saja akan mempermudah kamu untuk melanjutkan studi di sana 🙂

2. Mempelajari Bahasa Jepang

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, alangkah baiknya jika kamu mempelajari bahasa Jepang terlebih dahulu sebelum pergi melanjutkan studi ke sana. Walaupun bahasa pengantar pendidikan di sana dominan menggunakan bahasa Inggris, dengan mempelajari bahasa Jepang tentunya akan mempermudah kamu berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat lokal. Penggunaan bahasa Jepang juga mempermudah komunikasi kamu di kampus, luar kampus, maupun kehidupan pribadi. Apabila kamu berniat untuk kerja part-time disana, jika kamu mampu berkomunikasi dengan bahasa Jepang dengan baik, kamu akan lebih mudah memperoleh pekerjaan yang baik dan tentunya dengan honor yang lebih baik juga.

Kalau kamu masih bingung mengenai belajar bahasa Jepang, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jepang minimal 1 tahun sebelum kamu melanjutkan studi. Setelah belajar bahasa Jepang, sebaiknya kamu mengikuti test mal N5. Setelah mengikuti JLPT ini, kamu akan mendapatkan sertifikat yang nantinya akan kamu perlukan untuk melengkapi dokumen yang harus dibawa nanti.

3. Mempersiapkan dokumen

Setelah mempelajari bahasa lokal disana, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan dokumen penting yang diperlukan. Berikut beberapa dokumen penting yang wajib kamu bawa :

  • Dokumen tentang biaya studi; bukti saldo bank (uang kuliah dan biaya hidup)
  • Dokumen pendidikan dari negara asal; sertifikat kelulusan pendidikan terakhir (SMA atau diatasnya) , sertifikat nilai, sertifikat belajar bahasa Jepang (min 180 jam), dan sertifikat JLPT N5.
  • Dokumen Keluarga; surat keterangan mengenai keluarga calon pelajar tersebut.

4. Menentukan sekolah tujuan

Setelah dokumen dipersiapkan, tentukanlah sekolah atau universitas yang menjadi tujuan kamu disana. Banyak universitas Jepang yang masuk kategori sebagai universitas terbaik di dunia, misalnya University Of Tokyo.

5. Mencari beasiswa

Mencari beasiswa? Tak ada salahnya bukan? Apalagi jika kamu ingin meringankan beban orang tua, hal inilah yang wajib kamu lakukan Kawan Hero!

Banyak beasiswa yang menawarkan untuk melanjutkan studi ke Jepang:

  • Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia
  • Beasiswa Pemerintah Jepang untuk Indonesia (MEXT)
  • Beasiswa GSEP Tokyo Tech
  • Beasiswa PPI Jepang
  • Dan masih banyak juga universitas yang menawarkan beasiswa full ataupun setengah untuk para pelajar asing.

Nah, itu tadi 5 tips yang perlu kamu lakukan agar kamu berhasil melanjutkan studi ke Jepang. Namun untuk kuliah ke Jepang dengan beasiswa tentunya bukanlah hal yang mudah ya Kawan Hero! Semua perlu usaha, belajar, dan berdoa. Tetapi, apabila kamu telah siap yakin untuk melanjutkan studi ke Jepang, hal tersebut bukanlah halangan bagi kamu.

Tetap semangat dan rajin belajar ya Kawan Hero 🙂