Menguak Misteri Musik

Banyak penelitian mendukung teori bahwa musik berdampak positif terhadap prestasi belajar, namun tidak sedikit yang membuktikan sebaliknya. Di artikel ini, Hohero akan membahas bagaimana musik, secara umum, berpengaruh dalam hidup. Yuk, disimak! Di akhir artikel, Hohero akan membagi mixtape seru untuk kalian nikmati di saat belajar atau pun di waktu senggang.

Musik adalah seni. Musik adalah bagian dari seni, dimana didalamnya dibutuhkan kreativitas, kemampuan teknis dan kemampuan berimajinasi. Selayaknya tarian yang merupakan ekspresi artistik dari gerakan, lukisan dari warna, begitu juga musik bagi suara. Apa yang indah dilihat oleh mata, yang wangi dihirup oleh hidung, dan yang nikmat dikecap oleh indra pengecap, begitu pula musik bagi telinga kita. Melalui musik, kita dilatih untuk lebih peka terhadap sekitar kita.

Musik merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan. Menurut Plato, salah satu filsuf Yunani terkemuka, musik merupakan aspek penting dalam pendidikan. Dalam skema tentang pendidikan, Plato meletakkan penekanan pada tiga disiplin ilmu yakni senam untuk pelatihan dan pengembangan tubuh, matematika untuk pelatihan dan perkembangan otak, dan musik untuk aktualisasi diri.

Dengan demikian, musik mampu menghubungkan kita dengan diri sejati, yaitu jiwa. Sambil mendengarkan musik santai, secara tidak langsung kita terbawa ke dalam perjalanan mengenal diri kita.

Musik dicintai oleh semua makhluk hidup. Cinta kepada musik bukanlah kecenderungan manusia saja. Ini merupakan karakteristik umum dari hampir semua mahluk hidup. Mulai dari musik masuk melalui telinga kita, mereka membangkitkan perasaan tersebut. Mitologi serta cerita rakyat adalah bukti bahwa bahkan hewan merespon adanya musik; seperti di salah satu mitologi Yunani dimana salah satu cara menaklukkan naga adalah dengan memperdengarkan musik.

Pada umumnya musik memiliki kekuatan penyembuh. Musik memiliki kekuatan tak terbatas, adalah fakta. Musik memiliki kekuatan menenangkan dan penyembuhan. Sama seperti balsam dan minyak angin yang mengurangi rasa mual saat masuk angin, musik memiliki kapasitas untuk menyembuhkan kelelahan mental dan fisik. Kamu bisa memanfaatkan musik untuk membantumu relaksasi selepas belajar atau ujian.

Musik dapat melebur ke dalam jiwa, dapat memberikan inspirasi dan ilham bagi umat manusia untuk melakukan hal-hal baik dan positif. Ada ketenangan dan harmoni ketika seseorang diperdengarkan musik. Pengalaman yang tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata dan hanya bisa dirasakan dengan pengalaman langsung.

Walaupun demikian, tidak semua orang dapat menikmati musik selama belajar—beberapa memilih suasana yang tenang dan sepi. Tidak ada yang salah; apapun caranya, biarkan pengalaman mendengarkan musik menjadi salah satu penyemangat kalian untuk terus mengejar prestasi belajar di sekolah.

Ayo nikmati mixtape Hohero di SoundCloud. Jangan lupa follow ya!