Akhir Pekan yang Seru dan Menyenangkan?

Teman-teman sering bingung setiap akhir pekan mau ngapain aja? Biasanya kalau sudah begini ujung-ujungnya main ke mal atau malah tidur seharian. Nggak ada yang salah dengan aktifitas tersebut, tapi akan jauh lebih baik untuk menghabiskan akhir pekan melakukan sesuatu yang produktif. Nah HoHero ada tips nih, gimana agar akhir pekan kamu lebih produktif sehingga kamu lebih semangat menghadapi hari efektif belajar di sekolah.

Kegiatan sukarelawan

Mungkin kamu sering melihat kegiatan ini dilakukan oleh kakak-kakak di tingkat universitas, jangan salah, kamu pun bisa melakukan kegiatan ini. Kegiatan sukarelawan ini dapat membantu kamu untuk mengenali bakat dan minat kamu lho. Menghabiskan waktu kamu untuk membantu orang lain akan memberikan perspektif baru tentang kehidupan, dan dapat menjadi pengalaman besar baik untuk kamu dan bagi mereka yang telah kamu bantu. Nah, kira-kira apa saja yang bisa kamu lakukan? Kamu bisa cek melalui organisasi-organisasi di sekolah kamu, apakah mereka memiliki aktivitas sosial rutin dan kamu bisa bergabung didalamnya. Kalau tidak ada, inisiasikan sebuat kegiatan sosial! Ajak teman-temanmu yang memiliki minat yang sama, misal mengajar anak-anak sekolah dasar. Nah kalian bisa membuka sebuah kelas bahasa inggris, atau ilmu lain untuk anak sekolah dasar. Lokasi? Tidak usah jauh-jauh, mulailah dari lingkungan disekitar lokasi sekolahmu. Akan lebih baik apabila kamu bisa bekerjasama dengan pihak sekolah agar dapat menggunakan sekolah sebagai tempat berkumpul dan belajar.

Berolahraga

Menghabiskan waktu dengan menonton serial TV favorit atau bermain PlayStation memang sangat menyenangkan, namun ada baiknya kamu mengimbangi aktifitas tersebut dengan berolahraga. Apabila kamu malas melakukan olahraga sendiri, ajaklah teman-teman disekolahmu untuk melakukannya bersama-sama diakhir pekan. Kalian bisa membentuk tim bersepeda atau olah raga lain. Manfaatkan program “Car Free Day” di kotamu. Kalau kalian sudah bergabung dalam kelompok olah raga disekolah, ajaklah tim dari sekolah lain untuk melakukan pertandingan persahabatan, itung-itung mengenal dan mendaptkan teman baru kan. Untuk kamu yang sukan bermain Pokemon Go manfaatkan aplikasinya! Ya, kenapa tidak. Ajak teman-temanmu yang untuk bermain Pokemon Go Bersama, gunakan sepeda untuk melakukan pencarian Pikachu bersama, dijamin kegiatan bersepeda kamu akan semakin seru!

Gali hobi baru

Buat kamu yang selama ini penasaran akan hal-hal baru, kamu bisa memanfaatkan akhir pekan untuk mempelajari hal tersebut. Untuk kamu yang menyukai kegiatan kreatif membuat kerajinan tangan, manfaatkan website yang memiliki konten kreatif sebagai salah satu cara untuk belajar (misalnya Pinterest) ada banyak sekali produk-produk kerajinan tangan sederhana yang bisa kamu contoh dan lakukan di rumah. Kalau produk yang kamu buat sudah banyak, kamu bisa lho menjualnya ke teman-teman di sekolah, belajar bisnis dan menambah uang saku!

Bagi kamu penggemar fotografi, salah satu cara untuk mempelajarinya adalah dengan langsung melakukannya. Tidak usah berkecil hati apabila alat yang kamu miliki sederhana, kamu bisa memanfaatkan kamera handphone untuk belajar. Pelajari teknik-teknik dasar pencahayaan serta komposisi, bergabung dalam komunitas fotografi di daerahmu untuk menggali lebih dalam lagi ilmu-ilmu fotografi.

Nah, untuk kamu yang doyan hangout, jadikan hangout kamu lebih produktif. Misal, untuk yang suka “ngafe” ada banyak sekali tempat-tempat “ngafe” yang saat ini memfasilitasi kegiatan-kegiatan kreatif seperti seminar dan workshop, kapan lagi hangout dapet ilmu baru. Untuk kamu yang suka seni dan sejarah, coba deh cek tempat-tempat seperti galeri atau museum, biasanya secara rutin mereka mengadakan pameran atau pertunjukan seni yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan.

Buat kamu yang suka makan, nggak ada salahnya ngulik resep-resep dari makanan favorit kamu. Ajak teman kamu atau anggota keluarga di rumah untuk terlibat, nggak hanya seru, hasil dari masakanmu juga bisa dinikmati bersama.

Apapun kegiatan yang kamu pilih untuk menghabiskan akhir pekan, ingatlah bahwa pastikan akhir pekan kita seimbang antara istirahat dan beraktifitas. Menggunakan waktu tersebut dengan menonton film atau bermain game dengan teman-teman kamu memang seru, namun penting juga untuk menggunakan waktu yang kamu punya untuk melakukan kegiatan yang dapat berkontribusi untuk kehidupan kamu dimasa depan. Be a wise and smart student 😉.