Otak Kanan dan Otak Kiri, Manakah yang Lebih Baik?

Pada umumnya otak besar atau cerebrum manusia terdiri dari dua belahan; kiri dan kanan. Kedua belahan tersebut tentunya mempunyai fungsi yang berbeda. Antara otak kanan dan otak kiri ini memiliki struktur yang sangat kompleks, akan tetapi banyak teori modern mengatakan bahwa masing-masing bagian ini berperan untuk berbagai macam jenis pemikiran.

Walaupun berbeda, kedua belahan otak tersebut sangat sulit untuk dipisahkan; saling berhubungan, akan tetapi percobaan telah menunjukkan bahwa manusia cenderung lebih banyak menggunakan belahan otak yang satu dari pada yang lain. Hal ini juga menunjukkan bahwa manusia juga cenderung lebih menyukai satu mode pemikiran daripada yang lain.

Dari gambar diatas, bisa kita tarik kesimpulan:

(a) otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat Intelligent Quotient (IQ)

(b) otak kanan berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan seni, kreatifitas, musik, ekspresi, serta merupakan pusat Emosional Quotient (EQ)

Ciri-ciri orang dengan dominan otak kanan : 

  1. Orang yang dominan otak kanan tidak suka dengan pelajaran yang memaksa otak bekerja keras, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Sains, mereka lebih memilih pelajaran seni, bahasa, puisi, nyanyi dll.
  2. Dalam hal prospek kerja, orang dominan otak kanan senang bekerja di bidang sosial, kreatifitas, seni, dan public relation.
  3. Tidak menyukai hal-hal yang teratur, suka kebebasan.
  4. Senang jalan-jalan, berpetualang, dan melakukan hal-hal baru.

Ciri-ciri orang yang dominan otak kiri :

  1. Senang dengan pelajaran yang mengandalkan logika, Matematika, Fisika, Kimia, dan pelajaran-pelajaran yang berhubungan dengan sains.
  2. Dalam hal prospek kerja, mereka cenderung bekerja menjadi Peneliti, Teknisi, Akuntan, Dokter.
  3. Lebih mengutamakan logika dalam mengambil keputusan.
  4. Disiplin, berfikir secara teknis dan penuh aturan
  5. Melakukan sesuatu dengan perhitungan yang matang.Lalu manakah yang lebih baik?

Antara otak kanan dan kiri, keduanya sama baik, saling berkaitan dan membutuhkan satu sama lain. Namun menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia lebih dominan menggunakan otak kiri.

Mengapa?

Hal tersebut disebabkan karena setiap orang mengalami jenjang pendidikan yang lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri saat belajar.

Namun sebaiknya yang perlu kamu lakukan adalah menyeimbangkan penggunaan kedua belahan otak kanan dan kiri lho Kawan Hero!

Orang yang otak kanan dan otak kirinya seimbang dapat menjadi orang yang cerdas sekaligus memiliki pemikiran yang kreatif dan baru 🙂