Micin Bikin Bodoh?

“Micin bikin bodoh” Anggapan itu memang sudah banyak beredar di masyarakat. Micin atau Monosodium Glutamat (MSG) sangat dipercaya dapat merusak otak dan dapat menurunkan tingkat kecerdasan anak kecil maupun orang dewasa. Lalu apa benar ya kalau micin bikin bodoh?

Sebelum membahas kalau Micin bikin bodoh lebih jauh, disini aku mau memperkenalkan micin dulu sama kamu.

Menurut wikipedia Bahasa Indonesia, Monosodium glutamat (MSG) juga dikenal sebagai Micin merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami.

Micin telah digunakan secara aman selama lebih dari 100 tahun untuk membumbui makanan. Selama jangka waktu ini, banyak penelitian telah dilakukan untuk memperjelas peranan, manfaat, dan keamanan micin. Pada saat ini, badan-badan internasional dan nasional untuk keamanan zat tambahan makanan menganggap micin aman untuk dikonsumsi manusia sebagai penguat cita rasa. Namun ada saja yang beranggapan bahwa “Micin Bikin Bodoh”.

Pada sebuah penelitian tahun 1970 oleh Bazzano, D’Elia dan Olson, mereka melakukan penelitian pada 11 relawan dewasa. Dalam penelitian ini setiap orang diberikan asupan micin sampai dengan 100gram per hari selama 42 hari. Setiap harinya, para peneliti mengawasi status kesehatan para relawan dan melihat efek micin yang diberikan ke system syaraf. Sampai hari ke-42, tidak ada ditemukan bukti kalau micin dapat merubah struktur maupun fungsi system syaraf para relawan tersebut.

Dengan demikian, anggapan yang mengatakan micin bikin bodoh tidak punya landasan bukti yang valid. Asal kita mengkonsumsi semua hal pada takaran yang tepat, maka akan membawa manfaat, begitu juga pada micin.

Pada dasarnya micin bikin bodoh tidak dibenarkan adanya. Seseorang dapat menjadi bodoh bukan karena micin, mungkin karena kurangnya belajar dan malas. So jangan sangkut pautkan micin bikin bodoh. Namun ada baiknya kalau kalian tidak terlalu berlebihan juga menggunakan perasa micin dalam makanan kalian, jangan mentang – mentang micin tidak bikin bodoh, kamu malah menggunakan micin seenaknya saja.

Sekian informasi dari aku, semoga bermanfaat untuk kalian^^