Persiapan Memasuki Semester Akhir

Libur telah usai, saatnya memasuki semester kedua dimana semester ini adalah semester akhir bagi kamu yang duduk di bangku kelas 9 atau kelas 12. Mungkin di semester lalu kamu masih bisa bersantai-santai menghadapi pelajaran di kelas, namun ada beberapa hal yang sudah Homework Hero rangkum yang harus kamu lakukan di semester akhir ini.

1. Meningkatkan nilai di semester ini

Nah, buat kamu yang ingin kuliah di PTN tanpa harus tes, jalur SNMPTN adalah jawabannya. Perlu kamu tahu, indeks penerimaan SNMPTN didasarkan pada tiga faktor, yaitu :

a. Prestasi Siswa; nilai raport semester 1-5 (rata-rata, konsistensi, nilai mata pelajaran tertentu), prestasi akademik maupun non-akademik siswa.

b. Indeks sekolah; akreditasi sekolah, prestasi sekolah di PTN yang bersangkutan, alumni sekolah yang masuk ke PTN yang bersangkutan, dsb.

c. Pembagian Kuota Daerah; daerah terpencil dapat mengikuti jalur SNMPTN walaupun nilai dan indeks sekolah tidak sebaik apabila dibandingkan dengan sekolah di kota-kota besar.

Dari faktor diatas, bisa kamu lihat bahwa konsistensi nilai raport semester 1-5 kamu sangat berpengaruh pada proses penerimaan jalur SNMPTN. Oleh karena itu, di semester ini kamu harus belajar lebih keras lagi untuk mempertahankan atau meningkatkan konsistensi nilai raport kamu.

2. Persiapan untuk ujian

Bagi kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 7, 8, 10, 11, persiapan untuk menghadapi ujian mungkin masih dibilang terlalu awal apabila dilakukan pada waktu sekarang. Namun berbeda untuk kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 9 dan 12, hal ini justru menjadi hal yang harus dilakukan lebih dulu.

Mengingat bahwa di semester ini pastinya banyak sekali ujian-ujian yang datang silih berganti yang pastinya harus kamu hadapi. Mulai dari Ujian Sekolah, try-out berkala, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, Ujian Nasional dan yang lebih menakutkan bagi kelas 12 adalah ujian masuk PTN.  Oleh karena itu, persiapkanlah dirimu mulai dari sekarang, karena apabila kamu terus mengulur waktu untuk belajar lebih giat lagi, tentunya kamu akan menanggung beban yang lebih berat lagi di akhir nanti.

3. Menetapkan jurusan studi

Nah, biasanya memasuki semester akhir ini sering banget muncul pertanyaan buat kamu yang duduk di bangku kelas 9 dan kelas 12,

Nanti lulus SMP, mau lanjut SMA atau SMK? Jurusan apa?

Lulus SMA mau kuliah dimana? Jurusan apa?

Mau lanjut di PTN atau PTS?

Tapi pasti banyak nih diantara kalian yang bingung jawab apa, karena kalian belum memikirkan mau lanjut studi di mana dan jurusan apa. Di semester akhir ini, hal tersebut buanglah jauh dari pikiran kalian dan mulai memikirkan serta menetapkan pilihan kalian untuk kedepannya nanti. Dari pada akhirnya kamu salah menetapkan jurusan saat pendaftaran SNMPTN, SBMTPN, atau Seleksi Mandiri karena “cuma ikut-ikutan teman”, hal inilah yang kemungkinan dapat menyebabkan kegagalan kamu masuk dunia perkuliahan nantinya.

Sedangkan untuk kamu yang duduk di bangku kelas 9, cara terbaik adalah cari tahu tentang jurusan yang ada di SMA tujuan kamu nantinya dan pastinya pilihlah yang sesuai dengan minat kamu sebanyak mungkin, kamu bisa bertanya dari kakak kelas, teman, saudara, keluarga, dan bisa juga membaca salah satu postingan Homework Hero yang membahasa tentang jurusan IPA dan IPS.

Kalau dipikir-pikir, ribet juga ya Kawan Hero? Tapi, bukankah persiapan yang matang merupakan awal pertarungan yang baik bukan? Ingat ya Kawan Hero, sebuah hasil tidak akan mengkhianati prosesnya 🙂

Mau kelas berapapun kamu, tetap semangat dalam belajar ya Kawan Hero! 🙂