Pendidikan di Korea Utara

Kualitas sumber daya manusia suatu negara sangat dipengaruhi oleh sistem pendidikannya

 

Seperti halnya negara lain, Korea Utara yang disebut-sebut sebagai negara yang tertutup dan diembargo oleh Amerika Serikat ini tentunya memiliki sistem pendidikan yang mungkin dapat kita contoh. Bahkan faktanya, Korea Utara adalah negara yang paling melek huruf di dunia dengan proporsi 99%. Jadi bisa disimpulkan hampir seluruh warga negaranya bisa membaca. Selain hal tersebut, masih banyak lagi fakta menarik pendidikan di Korea Utara yang sudah Homework Hero rangkum untuk kamu baca sampai tuntas 😀

  1. Pendidikan di Korea Utara dikendalikan penuh oleh pemerintahKarena pendidikan yang dikendalikan oleh pemerintah, hal ini tentu saja membuat pendidikan di Korea Utara tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Namun tak hanya mendapatkan fasilitas dan pendidikan, para siswa di Korea juga akan mendapatkan seragam dan buku panduan pelajar secara gratis.
  2. Pendidikan hanya sampai jenjang sekolah menengah

Pemerintah Korea Utara hanya mewajibkan pendidikan warganya sampai jejang sekolah menengah pertama. Pendidikan wajib di Korea Utara pun hanya berlangsung selama 11 tahun dengan melewati satu tahun pra jenjang sekolah.  Empat tahun pendidikan dasar dan enam tahun pendidikan menengah.

  1. Politik menjadi kurikulum wajib di Korea Utara

Para murid di Korea Utara wajib mempelajari tokoh-tokoh penting dalam dunia politik termasuk pendiri negara tersebut; Kim II Sung.  Kabarnya, Dewan Pendidikan Korea Utara kini menjadikan “Kim Jong Un” sebagai mata pelajaran sekolah menengah. Para murid harus menyelesaikan pelajaran tersebut dalam waktu 81 jam atau dalam waktu 3 tahun.

  1. Terdapat 2 sistem pendidikan tinggi

Karena jenjang pendidikan yang hanya sampai sekolah menengah pertama, hal ini tentu saja membuat pendidikan tinggi tidaklah wajib bagi Korea Utara. Pendidikan tinggi disana pun terdiri dari 2 sistem, yaitu pendidikan tinggi akademik dan pendidikan tinggi untuk pendidikan berlanjut.
Pendidikan tinggi akademik meliputi universitas, sekolah profesional dan sekolah tehnik. Sedangkan pendidikan tinggi berlanjut meliputi program Magister dan Doktor, itupun diserahkan kepada universitas bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya.

  1. Pendidikan Wajib Militer

Selain pendidikan akademik, pendidikan wajib militer juga menjadi pendidikan wajib bagi seluruh warga Korea Utara. Wajib militer ini ditempuh selama 5 tahun menjadi tentara, angkatan laut atau 3 sampai 4 tahun menjadi angkatan darat.

Hal inilah yang menyebabkan Korea Utara memiliki kekuatan militer terbesar ke-4 di dunia dengan personel militer berjumlah 10 juta.

Nah, itulah 5 fakta menarik mengenai pendidikan di Korea Utara, mungkin Indonesia bisa mencontoh beberapa hal baik dari negara tersebut termasuk meningkatkan tingkat kemampuan melek huruf warga Indonesia. Namun untuk melakukan hal tersebut bukan hanya pemerintah yang melakukan, tetapi kita sebagai pelajar juga wajib membantu dengan semangat belajar yang tinggi 🙂