Manakah yang lebih baik, IPA atau IPS?

Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan kembali ke sekolah dan memasuki awal semester 2. Bagi kamu yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 9 dan kelas 12 pastinya sedang dihadapkan diantara dua pilihan jurusan setelah kamu lulus nanti yaitu, IPA atau IPS. Memang, jika hanya sekadar memilih jurusan terbilang mudah, namun benarkah jurusan yang kamu pilih nantinya sesuai dengan minat dan kemampuan kamu? Perlu kamu tahu, memilih jurusan adalah hal yang sangat penting yang perlu kamu pikirkan matang-matang, jangan sampai kejadian “salah pilih jurusan” terjadi pada diri kamu yang nantinya akan menimbulkan masalah bagi diri dan masa depan kamu sendiri. Jadi, sebelum kamu mulai sibuk dengan kegiatan-kegiatan di semester 2 yang tentunya akan menyita banyak waktu kamu, luangkan waktu kamu untuk menyimak sedikit pembahasan mengenai jurusan IPA atau IPS ini agar kamu tidak bingung memilih jurusan antara keduanya.

Perbedaan Antara Jurusan IPA dan IPS

Di dalam suatu sekolah umumnya terdapat 2 penjurusan yakni IPA dan IPS. Pembagian jurusan ini dikarenakan paradigma yang melatarbelakangi ilmu dari jurusan tersebut.

Jurusan IPA dengan paradigma yang dilatarbelakangi oleh objek ilmu yang mempelajari bagaimana alam ini bekerja yaitu, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sedangkan jurusan IPS paradigmanya dilatarbelakangi oleh objek ilmu yang mempelajari tentang sosial dan masyarakat yaitu, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi. Berikut penjelasan mengenai kajian dari ilmu kedua jurusan tersebut.

Jurusan IPA

  1. Ilmu Fisika, ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam seperti gaya, energi, gelombang, daya, muatan, dsb.
  2. Ilmu Biologi, ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.
  3. Ilmu Kimia, ilmu yang mempelajari tentang materi, mulai dari susunan, komposisi, struktur, sifat-sifat serta perubahan dari materi tersebut.

Jurusan IPS

  1. Ilmu Sosiologi, ilmu yang mempelajari tentang hubungan masyarakat serta bentuk timbal balik yang terjadi di dalamnya.
  2. Ilmu Ekonomi, ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.
  3. Ilmu Sejarah, ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat.
  4. Ilmu Geografi, ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi.

Dari penjelasan mengenai kajiaan ilmu dari kedua jurusan masing-masing, tentu saja kesimpulannya adalah setiap jurusan mempunyai ranahnya masing-masing. Terapi tanpa kita sadari dengan adanya pemisahan kedua jurusan tersebut, di dunia pendidikan kita tak jarang menimbulkan pandangan yang sangat ganjil tentang kedua jurusan tersebut yakni jurusan IPA dinilai lebih baik dibandingkan jurusan IPS. Pandangan seperti ini seperti sudah mendarah daging di setiap generasi ke generasi dan tak hanya terdapat di pikiran para pelajar, namun orangtua dan guru pun tak sedikit memiliki pandangan semacam itu.

Lalu, manakah yang lebih baik? IPA atau IPS?

Tak ada jurusan yang lebih baik. Jurusan IPA dan jurusan IPS adalah sama dan pastinya memiliki landasan berpikir masing-masing. Soal alam dan sosial hanyalah sebagai label pandangan untuk kita melihat suatu fenomena dari dua sudut pandang yang berbeda. Dan kalau kita lebih kritis dalam berpikir, pembagian kedua ilmu tersebut hanya untuk memudahkan kita dalam mempelajari suatu cabang ilmu.

Tetapi, tetap saja memilih jurusan masih menjadi hal yang harus dipikrikan matang-matang. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Kalau memang cita-cita kamu berada pada rumpun IPS, pilihlah jurusan yang sesuai begitu pula sebaliknya. Yang terpenting mau apapun jurusanmu saat ini atau nanti, belajar tetap menjadi hal yang utama ya Kawan Hero!