Belajar Seru dan Efektif dengan Metode Mindmap

Halo Kawan Hero! Bagaimana hasil UAS kalian? Sesuai yang diharapkan? Atau sebaliknya? Kalau hasil kalian sesuai dengan yang diharapkan, bersyukur banget bisa bebas dari pekan remed. Kalau sebaliknya? Pasti bakalan sedih banget karena udah belajar mati-matian dari pagi sampai malam ketemu pagi lagi, tapi nilai mencapai KKM aja rasanya susah.

Tapi… kalian enggak perlu sedih! Justru hal yang harus kalian lakukan adalah cari tau penyebab kalian susah mencapai nilai KKM. Mungkinkah cara belajar kalian yang kurang efektif atau kalian sulit untuk menghapal materi. Dan mulai detik ini, kalian harus ubah cara belajar kalian menjadi lebih efektif dan tentunya menyenangkan.

Bagaimana caranya?

Kalian tidak perlu bingung, bimbang apalagi resah. Karena di post-an kali ini, aku akan kasih tau kalian tips belajar supaya lebih mudah dihapal. Yaitu metode Mindmap.

Nah, sebelum aku kasih tau bagaimana cara belajar efektif pakai Mindmap, aku mau kasih tau kalian apa itu Mindmap. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, “Pemetaan Pikiran (bahasa Inggris Mind Mapping) adalah yaitu suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.” Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzan, seorang penulis dan bintang televisi terkenal dari Inggris.Sistem ini jauh lebih efektif dari sistem mencatat linear yang selama ini kita lakukan sejak masih di bangku sekolah dasar.

Pada awal perkembangannya, mindmap ini hanya sebatas bentuk bagan saja. Padahal mindmap adalah bentuk catatan dengan menggunakan skema gambar, garis, dan warna agar tidak membosankan. Namun dalam perkembangannya, mindmap ini menyebar dengan cepat dan bentuknya pun lebih kreatif dan bervariatif.

Lalu bagaimana cara membuatnya?

Dalam membuat mindmap ini, pertama yang kita harus siapkan adalah membaca materi pembelajaran yang akan ingin buat. Inget ya Kawan Hero, walaupun dalam mindmap ini adalah memudahkan dalam menghapal, hal yang paling penting adalah membaca materi terlebih dahulu. Karena nantinya akan memudahkan kita dalam membuat skema dari mindmap ini.

Kedua, posisikan kertas pada posisi horizontal. Kenapa? Karena sisi kanan dan kiri akan lebih memudahkan kita membuat cabang atau submateri dari materi yang akan kita buat dari pada meletakkan kertas dengan posisi vertikal.

Ketiga, tulislah judul materi yang akan kita buat. Setelah itu tariklah garis cabang untuk submateri searah jarum jam. Dan dari submateri ini bisa ditambahkan sub lagi apabila masih ada materi yang harus dimuat.

Dan yang terakhir, ini adalah tujuan akhir dari mindmap, yaitu kreatifitas. Hiaslah mindmap buatanmu dengan gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang kamu buat. Dan jangan lupa berilah warna agar lebih menarik! Setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk memfoto hasil buatan mindmapmu dan mengesharenya ke sosial media. Karena apa? Karena sharing is caring!

Masih bingung?

Tenang aja Kawan Hero! Dibawah ini aku share gambar mindmap yang mungkin bisa jadi referensi kamu nih! Check it out friend!

1. Mindmap tentang topik kesehatan

Sumber: primesgm.blogspot.co.id

2. Mindmap tentang topik Sosiologi Pendidikan

Sumber: ratutantiblog.wordpress.com

3. Mindmap tentang topik Hubungan Ekologi

Sumber: ningpurwa.wordpress.com

Bagaimana Kawan Hero? Lebih mudah kan? Pastinya dong! Wajib banget kalian coba nih, lebih mudah dihapal dan pastinya tidak menyebabkan mata sakit 😀 . Akhir kata, semoga post-an aku ini bermanfaat ya Kawan Hero! Sampai jumpa di post-an berikutnya 🙂