Kamu Anak SMA? Udah Siap Belum Selepas SMA Mau Apa?

Percaya atau tidak, buat kamu-kamu yang saat ini duduk dibangku sekolah menegah atas alias SMA, kamu saat ini berada pada titik besar dalam hidupmu. Masa depan sedang duduk manis menunggumu menyelesaikan pendidikan sekolah menengahmu. Dan sekarang adalah waktu yang baik untuk mulai berpikir tentang masa depan, membuat beberapa rencana awal; hanya ingat bahwa rencana dapat dengan mudah diubah. Tapi Ingat juga, bahwa para ahli memprediksi bahwa rata-rata orang akan mengubah karier – bukan hanya pekerjaan – lebih dari lima kali dalam seumur hidup nya. Sekarang adalah waktu untuk mengejar impianmu!

Nah saat-saat ini adalah saat terbaik untuk mulai berpikir tentang satu atau lebih pendidikan dan jalur karirmu dimasa depan, berikut sini adalah 6 hal yang perlu diingat di hari-hari mendatang.

  1. Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang ingin kamu lakukan; bermimpi dan membayangkan karir yang ideal. Ada begitu banyak peluang, begitu banyak jenis pekerjaan dan karir di berbagai industri – dan ada juga jalur karir lain yang hanya muncul. Bahkan jika kamu sudah cukup yakin akan pilihan karir, meluangkan waktu di sekolah tinggi untuk mengeksplorasi semua pilihanmu. Manfaatkan fasilitas tes minat, bakat & karir yang diselenggarakan di sekolahmu.
  1. Tantang dirimu selama duduk di bangku SMA, tapi tapi jangan terlalu ngoyo ya ;). Apabila memungkinkan ambil jam-jam tambahan setelah pulang sekolah untuk membantumu memahami mata pelajaran yang kamu rasa sulit. Jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan pada guru atau teman apabila kamu menemukan kesulitan dalam belajar. Dan kalau kamu punya cukup waktu, gunakan waktu tersebut untuk terlibat aktif dalam organisasi sekolah, ini juga bisa kamu gunakan untuk menggali lebih jauh tentang kemampuan dirimu
  1. Diskusi dengan orang-orang terdekat mengenai karir-karir yang sekiranya menarik untukmu. Bisa melalui guru, keluarga, tetangga, ataupun alumni-alumni sekolahmu. Coba mengenal seperti apa sih karir mereka, bagaimana mereka bisa mencapai karir tersebut, dengan begitu kamu akan mendapatkan gambaran lebih detil dan mendalam mengenai suatu karir.
  1. Ingatlah bahwa setiap orang sebaiknya mengikuti apa yang menjadi mimpinya dalam hidup, bukan mimpi orang lain. Jadi hindari menghabiskan energi dan waktu membandingkan dirimu dengan teman-teman atau orang lain. Serta jangan terlalu menghawatirkan pendapat mereka apabila memang pilihanmu adalah baik menurutmu dan keluargamu. Tidak perlu merasa perlu terburu-buru memutuskan sesuatu, gunakan waktumu dengan baik untuk mengenal dirimu, impianmu dan cara-cara untuk dapat menggapai mimpimu
  1. Tidak pernah terlalu cepat atau terlambat dalam memulai merencanakan masa depanmu. Gunakan waktu selama di SMA untuk mulai melakukan sedikit riset tentang pilihan-pilihan jalur pendidikan tingkat lanjut. Kamu bisa mengunjungi website-website universitas yang menjadi pilihanmu dan melihat bagaimana proses penerimaan mahasiswa mereka, serta apa saja persyaratannya. Apabila dirasa kurang, ajak teman-temannu disekolah untuk melakukan campus visit (kunjungan universitas). Dengan begitu kamu dan teman-teman akan mendapat gambaran lebih luar lagi tetang kehidupan universitas serta bagaimana proses belajar di universitas berlangsung.
  1. Jangan pernah berhenti belajar, membaca, berkembang dan buka pikiranmu seluas-luasnya. Jangan melewatkan kesempatan dan pengalaman baik yang bisa mendukung masa depanmu. Banyak sekali kegiatan-kegiatan (baik di sekolah maupun diluar sekolah) yang dapat membantumu untuk berkembang sebagai individu, terlibatlah didalamnya. Gunakan dengan baik kesempatan ini tidak hanya untuk membangun kepribadian dan kemampuanmu tapi juga relasimu dengan orang lain.

SMA adalah waktu transisi yang nyata untuk dari usia remaja, saat kamu bergerak menuju fase dewasa dan isu-isu yang lebih dewasa seperti pekerjaan, karir, dan perguruan tinggi. Ini harus menjadi waktu yang baik bagi kamu untuk berkembang dengan baik. Bersenang-senang boleh saja, tapi jangan lupa, bahwa mendapatkan pendidikan terbaik yang dapat membantumu mendapatkan keuntungan bagi masa depanmu, karena tidak ada ilmu yang sia-sia… dan tidak peduli apapun keputusanmu selepas SMA, jangan¬†pernah berhenti belajar dan berkembang.