Sekolah-Sekolah Terkeren di Dunia!

Bentuk bangunan serta desain sebuah kelas memainkan peran yang sangat penting dalam belajar. Sekolah-sekolah yang memanfaatkan banyak cahaya alami, warna, desain yang flexible serta mendukung koneksi antar siswa/i dalam bersosialisasi secara drastic dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa/i.

Berikut ada 8 sekolah dengan desain terbaik di dunia (salah satunya ada di Indonesia lho)

Telephonplan School, Stockholm, Sweden

telephonplan-school-stockholm-sweden

Sekolah yang berada di Swedia ini tidak memiliki ruang kelas, ruang kelas digantikan dengan ruang terbuka yang mendorong kolaborasi dan interaksi siswa/i. Siswa/I dapat bebas bergerak di sekitar lingkungan. sekolah yang unik dan penuh dengan mebel berwarna-warni, zona belajar, meja, dan workstation. Bahkan ada bioskop kecil untuk presentasi. Sistem belajar dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap siswa memiliki komputer laptop.

Makoko Floating School, Lagos, Nigeria

makoko-floating-school

Untuk mengantisipasi naiknya debit air di sungai, Makoko Floating School membangun sekolah terapung yang menggunakan material kayu. Sekolah ini terlihat sederhana, namun jangan salah, sekolah terapung ini lengkap dengan taman bermain serta kelas bertingkatnya. Tidak hanya itu, untuk membuat gedung ini dapat berfungsi layaknya bangunan di darat, sekolah ini memiliki panel tenaga surya serta tempat untuk menampung air hujan untuk dapat dipergunakan bagi fasilitas disekolah tersebut.

Fuji Yochien, Toyko, Japan

fuji-yochien-toyko

Fuji Yochien merupakan sebuah taman kanak-kanak swasta yang terletak di pinggiran kota Tokyo. Sekolah ini memiliki ruangan kelas yang didesain menyerupai hutan yang berpusat mengitari pohon Keyaki raksasa di sekolah tersebut. Disekolah ini anak-anak bebas menentukan perarturan serta permainan mereka sendiri

Bois Genoud School, Lausanne, Switzerland:

bois-genoud-school

Sekolah ini adalah salah satu yang tebaik. Memiliki jendela-jendela besar dengan penerangan cahaya matahari yang alami dan menghadap ribuan pohon pinus.

Kikuma Watanabe, Sangkhlaburi Village, Thailand

kikuma-school

Tidak hanya sekolah-sekolah swasta saja lho yang gedungnya bisa menarik, salah satu sekolah di Thailand, Kikuma Watanabe, adalah sekolah yang dibangun untuk menurunkan tingkat kemiskinan. Sebelum sekolah ini dibangun, arsitek bekerjasama langsung dengan anak-anak di desa tersebut untuk mewujudkan sekolah impian mereka. Salah satu anak menggambar sebuah kapal yang bisa terbang sebagai impiannya. Maka dibangunlah sekolah tersebut sesuai dengan tema tersebut. Sekolah ini dibangun dengan bamboo dengan beratapkan alang-alang. Walaupun sederhana sekolah ini memiliki penerangan yang sangat baik serta sirkulasi udara yang cukup baik pula.

Xiaquon Elementary School, Xiaquon, China

xiaquon-elementary-school-xiaquon-china

Setelah mengalami serangkaian bencana gempa bumi, komunitas di area ini kemudian mencoba untuk menciptakan dan membangun kembali sekolah dasar local yang berada di daerah Xiaguon. Konsep sekolah ini dibuat agar murid-murid dapat belajar dari lingkungan mereka. Oleh karena itu sekolah ini dibuat menyerupai kota kecil, dengan labirin dan Jalan-jalan setapak serta taman bermain yang membangkitkan rasa penasaran mereka sehingga tercipta rasa memiliki dan tanggung jawab akan lingkungan mereka.

Green School, Bali, Indonesia

xiaquon-elementary-school-xiaquon-china

Sebagai salah satu sekolah terbaik di dunia, Green School yang berlokasi di Bali memiliki lokasi yang luar biasa indah, lebih menyerupai sebuah villa dibandingkan sekolah. Sekolah ini murni dibangun menggunakan bahan alami pohon bamboo dan memiliki ruang kelas, tempat olahraga, komplek untuk fakultas, serta kantor dan kafe. Tidak hanya itu, seluruh energy yang digunakan di sekolah ini berasar dari energy bersih terbarukan seperti hydro-powered vortex generator (tenaga air) and solar panels (tenaga matahari), keren banget kan!

Container Classroom, Cape Town, South Africa

container

Berlokasi di pinggiran kota Cape town, sekolah dasar ini dibangun dan didedikasikan untuk anak-anak dari keluarga petani dan masyarakat yang kurang mampu. Kenapa keren,karna sekolah ini dibangun dari container bekas dan didesain dengan warna warni yang sangat seru!

 

Menurut kamu ruangan kelas diatas mendukung nggak untuk belajar dan kreatifitas kamu di sekolah? Lalu, seberapa penting sih desain ruangan belajar untuk mendukung kamu belajar? Yuk komen dibawah!