Ngantuk dan Susah Konsentrasi di Jam Belajar?

Susah berkonsentrai dan mudah mengantuk selama jam-jam belajar? Nah,buat yang sering mengalami ini, berikut ada tips seru yang bisa membangkitkan semangat belajar kamu di sekolah

  1. SARAPAN!

Kalau kamu sering merasa ngantuk dan lemas selama belajar, kemungkinan kamu melewatkan sarapan. Nah, Sarapan merupakan salah satu elemen penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum memulai hari. Tidak hanya sebatas menghindari perut berbunyi kruyuk-kruyuk selama belajar, sarapan juga dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi selama belajar. Pilih sarapan yang mengandung nutrisi seimbang antara protein dan karbohidrat seperti buah-buahan, telur dan makanan berbahan dasar gandum. Oh iya, Hindari makanan instant ya, karena ini akan membuat perut kamu terasa penuh dan kembung.

  1. POSISI MENENTUKAN KONSENTRASI

Sering mendengar kalimat “posisi menentukan prestasi” nah cara ini dapat digunakan untuk kamu yang merasa sulit menyimak informasi yang diberika oleh Bapak/Ibu guru selama jam. Dengan memilih tempat duduk di bagian depan kamu akan mendengar lebih baik, juga melihat kearah papan tulis lebih baik. Posisi duduk dibagian belakang kelas sering kali mengganggu konsentrasi belajar dikarenakan ada banyak distraksi ketika kamu berusaha untuk menyimak pelajaran, seperti misalnya ketika teman kamu malah sibuk ngobrol selama jam pelajaran berlangsung.

  1. MATIKAN HP

Nah ini tantangan terbesar, tapi tidak sulit dilakukan. Mematikan peralatan elektronik selama jam-jam belajar dapat menghilangkan distraksi yang tidak hanya baik untuk kamu berkonsentrasi tapi juga baik bagi energi di dalam kelas. Apabila kamu merasa sulit melakukannya, buatlah menjadi permainan seru yang bisa dilakukan bersama teman sebangkumu. Caranya, kalian berdua bisa mengatur mode hp kalian ke posisi flying mode,  lalu tumpuk hp tersebut dan taruh di atas meja dalam posisi terbalik. Siapa yang menyentuh duluan sebelum waktu istirahat/pulang sekolah akan mentraktir teman sebangku yang bertahan hingga akhir jam pelajaran.

  1. MAKSIMALKAN JAM ISTIRAHAT

Kamu punya 30 menit untuk istirahat dari belajar? Gunakan sebaik mungkin! Hindari konsumsi makan siang berat dan penuh karbohidrat karna hal tersebut akan membuat kamu merasa ngantuk dan “berat” untuk masuk kelas dan belajar kembali. Perbanyak konsumsi air putih dan kamu pun bisa memakai waktu istirahat untuk melakukan kegiatan aktifitas fisik untuk relaksasi seperti bermain basket atau Jalan-jalan di taman sekolah. Atau untuk kamu yang senang membaca, bisa melanjutkan membaca novel/komik favoritmu (dijam istirahat ya, bukan jam belajar)

Kamu pun bisa mencoba power nap. Tidur dengan durasi pendek tapi berkualitas, yang menurut penelitian mampu membuat kamu aktif dan segar kembali. Caranya mudah, atur alarm dalam hp kamu diposisi 15 menit, bisa juga meminta tolong teman kamu untuk membantu mengingatkan dan gunakan waktu tersebut untuk tidur (jangan kebablasan yaaa)

Tidak hanya itu, power nap juga membantu jantung untuk bekerja lebih baik serta meningkatkan. Ini juga akan membantu kamu tetap bersemangat apabila kamu harus melanjutkan hari untuk mengikuti kelas tambahan atau les-les.